Created sahrul-media
ChatBox
Headlines News :
Home » » Grafkom Tentang Rumah 2D Menggunakan Java

Grafkom Tentang Rumah 2D Menggunakan Java

Written By Gunawan on Rabu, 04 Juni 2014 | 20.59




LAPORAN UAS
GRAFIKA KOMPUTER
TENTANG
(RUMAH 2D JAVA NEATBEANS)

Diajukan untuk memenuhi tugas (UAS) matakuliah Grafkom






Disusun Oleh :
Nama               : Sahrul Gunawan
Npm                : 130403010045
Fak/Prodi        : FTI/TI






FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2014





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan saya kekuatan serta kelancaran dalam menyelesaikan laporan matakuliah Grafika komputer yang berjudul Rumah 2D Java Neatbeans dapat selesai seperti waktu yang telah penulis rencanakan.
Tersusunnya laporan ini tentunya tidak lepas dari peran serta berbagai pihak yang telah memberikan bantuan secara materil dan spiritual, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Amak Yunus pengasuh mata kuliah pemprograman java.
2.      Orang tua yang telah memberikan bantuan kepada penulis sehingga makalah ini dapat terselesaikan
3.      Teman-teman yang telah membantu dan memberikan dorongan semangat agar makalah ini dapat penulis selesaikan.

Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang membalas budi baik yang tulus dan ikhlas kepada semua pihak yang penulis sebutkan di atas.
Tak ada gading yang tak retak, untuk itu penulispun menyadari bahwa laporan yang telah penulis susun masih memiliki banyak kelemahan serta kekurangan-kekurangan baik dari segi teknis maupun  non-teknis. Untuk itu penulis membuka pintu yang selebar-lebarnya kepada semua pihak agar dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan penulisan-penulisan mendatang. Dan apabila di dalam laporan ini terdapat hal-hal yang dianggap tidak berkenan di hati pembaca mohon dimaafkan.


Malang, 31 Mei 2014


Penulis

  




A.  Latar Belakang Grafkom

Grafik Komputer ialah suatu ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar dengan cara digital. Bentuk sederhana nya ada grafik Komputer 2D dan berkembang menjadi grafik komputer 3D.
Pengolahan citra ialah salah satu cabang ilmu informatika, pengolahan citra suatu usaha untuk melakukan transformasi citra atau gambar menjadi citra lain dengan suatu teknik tertentu.

      Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
A.  Manfaat
Contoh Grafik Komputer :
1.    Hiburan , seperti film animasi dengan grafik komputer yang bagus.
2.    Pendidikan, permainan untuk pendidikan mengunakan grafik computer yang menarik di lihat.
3.    karya seni, Hasil dapat berupa kartun, animasi, logo, lukisan abstrak, sketsa rumah dan lain sebagainya.

B.  Tujuan
1.    Menyelesaikan Ujian Akhir Semester matakuliah Grafika Komputer semester 2.
2.    Mahasiswa mampu mengimplementasikan fungsi dari project tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Neatbeans.












C.  Tentang Program
Penulis membuat Rumah 2D  menggunakan aplikasi Java Neatbeans, dalam program ini penulis menggunakan java aplication Jframe, tapi penulis tidak menggunakan Jframe untuk desainnya, artinya langsung pada sourcodnya.

D.  Source Code Program
package MHome;

import java.awt.BasicStroke;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;

/**
 *
 * @author Astri
 */
public class home extends javax.swing.JFrame {

    /**
     * Creates new form home
     */
    public home() {
        initComponents();
       
    }
   
    public void paint(Graphics g){
        super.paint(g);
       
        int warna1 = Integer.parseInt("3a3836",30);
        Color abuTua = new Color(warna1);
        int warna2 = Integer.parseInt("7f3e04",20);
        Color coklat = new Color(warna2);
        int warna3 = Integer.parseInt("74716e",20);
        Color abu = new Color(warna3);
       
        Graphics2D brdLine = (Graphics2D) g;
        BasicStroke lineAtp = new BasicStroke(10);
        BasicStroke akln = new BasicStroke(25);
        BasicStroke thin = new BasicStroke(1);
           
        g.setColor(Color.YELLOW);
        brdLine.setStroke(akln);
        for (int x=110; x<=300; x+=25){
            g.drawLine(x, 85, x, 120);
        }
               
        g.drawLine(130, 75, 130, 85);
        g.drawLine(155, 63, 155, 85);
        g.drawLine(180, 52, 180, 85);
        g.drawLine(205, 45, 205, 85);
        g.drawLine(225, 54, 225, 85);
        g.drawLine(250, 66, 250, 85);
        g.drawLine(275, 77, 275, 85);
        g.drawLine(288, 88, 298, 88);
               
        brdLine.setStroke(thin);
               
        g.fillRect(40, 130, 315, 158);
        g.fillRect(50, 180, 50, 20);
              
        g.setColor(coklat);
        //g.fillRect(200, 140, 80, 148);
        //g.fillRect(200, 180, 30, 10);
        g.fillRect(50, 70, 50, 110);
        g.fillRect(50, 130, 300, 10);
        g.fillRect(150, 185, 40, 90);  //jendela
        g.fillRect(60, 185, 40, 70);   //jendela
        g.fillRect(105, 185, 40, 100); //pintu
        /*g.fillRect(240, 50, 10, 80);
        g.fillRect(130, 60, 10, 70);
        g.fillRect(110, 70, 10, 60);
        g.fillRect(155, 65, 75, 30);*/
               
        //border
        g.setColor(Color.BLACK);
        g.drawRect(200, 140, 80, 150);
        g.drawRect(50, 169, 200, 11);
        g.drawRect(299, 169, 50, 11);
        g.drawRect(110, 190, 30, 40);
        g.drawRect(110, 240, 30, 40);
        g.drawRect(105, 185, 40, 100);
        g.drawRect(109, 144, 21, 21);
        g.drawRect(134, 144, 21, 21);
        g.drawRect(159, 144, 21, 21);
               
        g.fillOval(135, 233, 5, 5);        
        for (int y=140; y<=260; y+=20){
            g.drawRect(200, y, 80, 20);
        }
                              
        for (int x=250; x<=330; x+=20){
            g.drawRect(x, 90, 20, 40);
        }
       
        //atap
        brdLine.setStroke(lineAtp);
        g.setColor(abu);
        g.drawLine(50, 100, 200, 30);
        g.drawLine(200, 30, 350, 100);
       
        g.drawString("SAHRUL GUNAWAN",140,310);
    }

    /**
     * This method is called from within the constructor to initialize the form.
     * WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is always
     * regenerated by the Form Editor.
     */
    @SuppressWarnings("unchecked")
    // <editor-fold defaultstate="collapsed" desc="Generated Code">                         
    private void initComponents() {

        setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
        setTitle("Minimalist Home");
        setBackground(new java.awt.Color(0, 0, 0));

        javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
        getContentPane().setLayout(layout);
        layout.setHorizontalGroup(
            layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
            .addGap(0, 400, Short.MAX_VALUE)
        );
        layout.setVerticalGroup(
            layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
            .addGap(0, 300, Short.MAX_VALUE)
        );

        pack();
    }// </editor-fold>                       

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String args[]) {
        /*
         * Set the Nimbus look and feel
         */
        //<editor-fold defaultstate="collapsed" desc=" Look and feel setting code (optional) ">
        /*
         * If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the
         * default look and feel. For details see
         * http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
         */
        try {
            for (javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info : javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
                if ("Nimbus".equals(info.getName())) {
                    javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
                    break;
                }
            }
        } catch (ClassNotFoundException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        } catch (InstantiationException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        } catch (IllegalAccessException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        } catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {
            java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE, null, ex);
        }
        //</editor-fold>

        /*
         * Create and display the form
         */
        java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

            public void run() {
                new home().setVisible(true);
            }
        });
    }
    // Variables declaration - do not modify                    
    // End of variables declaration                  
}


Share this article :

3 komentar:

  1. Ijin berbagi ke rekan-rekan yang punya hobi bikin game / grafik programming

    http://heriadyblog.blogspot.com/2015/05/belajar-c-game-programming.html

    BalasHapus
  2. Bang ee bisa gak minta tolong mintak coding rumah open gl yang polygon nyaa,boleh ndak?? Tolong lah bang please bang

    BalasHapus
  3. Bang ee bisa gak minta tolong mintak coding rumah open gl yang polygon nyaa,boleh ndak?? Tolong lah bang please bang

    BalasHapus

English French German Spain Italian Japanese Korean Chinese Simplified

Tweets

FunsPage

 
Support : Creating Website | media-template | sahrul Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MEDIA BELAJAR - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by sahrul-media