LAPORAN UAS
GRAFIKA
KOMPUTER
TENTANG
(RUMAH 2D
JAVA NEATBEANS)
Diajukan untuk memenuhi tugas (UAS) matakuliah Grafkom
Disusun Oleh
:
Nama : Sahrul Gunawan
Npm : 130403010045
Fak/Prodi : FTI/TI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS
KANJURUHAN MALANG
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat
Allah SWT, yang mana telah memberikan saya kekuatan
serta kelancaran dalam menyelesaikan laporan
matakuliah Grafika komputer yang
berjudul “Rumah 2D Java Neatbeans” dapat
selesai seperti waktu yang telah penulis rencanakan.
Tersusunnya laporan ini tentunya tidak lepas dari peran
serta berbagai pihak yang telah memberikan bantuan secara materil dan
spiritual, baik secara langsung maupun tidak langsung.
1.
Bapak Amak Yunus pengasuh mata kuliah pemprograman
java.
2.
Orang tua yang telah
memberikan bantuan kepada penulis sehingga makalah ini dapat terselesaikan
3.
Teman-teman yang telah
membantu dan memberikan dorongan semangat agar makalah ini dapat penulis
selesaikan.
Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan
Penyayang membalas budi baik yang tulus dan ikhlas kepada semua pihak yang
penulis sebutkan di atas.
Tak ada gading yang tak retak, untuk itu
penulispun menyadari bahwa laporan yang
telah penulis susun masih memiliki banyak kelemahan serta kekurangan-kekurangan
baik dari segi teknis maupun non-teknis. Untuk itu penulis
membuka pintu yang selebar-lebarnya kepada semua pihak agar dapat memberikan
saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan penulisan-penulisan
mendatang. Dan apabila di dalam laporan ini
terdapat hal-hal yang dianggap tidak berkenan di hati pembaca mohon dimaafkan.
Malang, 31 Mei 2014
Penulis
A. Latar Belakang Grafkom
Grafik
Komputer ialah suatu ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar dengan cara digital. Bentuk sederhana nya ada grafik Komputer
2D dan berkembang menjadi grafik komputer 3D.
Pengolahan
citra ialah salah satu cabang ilmu informatika, pengolahan citra suatu usaha
untuk melakukan transformasi citra atau gambar menjadi citra lain dengan suatu
teknik tertentu.
Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
A. Manfaat
Contoh
Grafik Komputer :
1.
Hiburan , seperti film animasi dengan
grafik komputer yang bagus.
2.
Pendidikan, permainan untuk pendidikan
mengunakan grafik computer yang menarik di lihat.
3.
karya seni, Hasil dapat berupa kartun, animasi,
logo, lukisan abstrak, sketsa rumah dan lain sebagainya.
B. Tujuan
1. Menyelesaikan Ujian Akhir Semester matakuliah Grafika Komputer semester 2.
2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan fungsi dari project tersebut dengan
menggunakan bahasa pemrograman Java Neatbeans.
C.
Tentang Program
Penulis membuat Rumah 2D menggunakan
aplikasi Java Neatbeans, dalam program ini penulis menggunakan java aplication
Jframe, tapi penulis tidak menggunakan Jframe untuk desainnya, artinya langsung
pada sourcodnya.
D.
Source Code Program
package MHome;
import java.awt.BasicStroke;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
/**
*
*
@author Astri
*/
public class home extends
javax.swing.JFrame {
/**
* Creates new form home
*/
public home() {
initComponents();
}
public void paint(Graphics g){
super.paint(g);
int warna1 = Integer.parseInt("3a3836",30);
Color abuTua = new Color(warna1);
int warna2 = Integer.parseInt("7f3e04",20);
Color coklat = new Color(warna2);
int warna3 = Integer.parseInt("74716e",20);
Color abu = new Color(warna3);
Graphics2D brdLine = (Graphics2D) g;
BasicStroke lineAtp = new BasicStroke(10);
BasicStroke akln = new BasicStroke(25);
BasicStroke thin = new BasicStroke(1);
g.setColor(Color.YELLOW);
brdLine.setStroke(akln);
for (int x=110; x<=300; x+=25){
g.drawLine(x, 85, x, 120);
}
g.drawLine(130, 75, 130, 85);
g.drawLine(155, 63, 155, 85);
g.drawLine(180, 52, 180, 85);
g.drawLine(205, 45, 205, 85);
g.drawLine(225, 54, 225, 85);
g.drawLine(250, 66, 250, 85);
g.drawLine(275, 77, 275, 85);
g.drawLine(288, 88, 298, 88);
brdLine.setStroke(thin);
g.fillRect(40, 130, 315, 158);
g.fillRect(50, 180, 50, 20);
g.setColor(coklat);
//g.fillRect(200, 140, 80, 148);
//g.fillRect(200, 180, 30, 10);
g.fillRect(50, 70, 50, 110);
g.fillRect(50, 130, 300, 10);
g.fillRect(150, 185, 40, 90);
//jendela
g.fillRect(60, 185, 40, 70);
//jendela
g.fillRect(105, 185, 40, 100); //pintu
/*g.fillRect(240, 50, 10, 80);
g.fillRect(130, 60, 10, 70);
g.fillRect(110, 70, 10, 60);
g.fillRect(155, 65, 75, 30);*/
//border
g.setColor(Color.BLACK);
g.drawRect(200, 140, 80, 150);
g.drawRect(50, 169, 200, 11);
g.drawRect(299, 169, 50, 11);
g.drawRect(110, 190, 30, 40);
g.drawRect(110, 240, 30, 40);
g.drawRect(105, 185, 40, 100);
g.drawRect(109, 144, 21, 21);
g.drawRect(134, 144, 21, 21);
g.drawRect(159, 144, 21, 21);
g.fillOval(135, 233, 5, 5);
for (int y=140; y<=260; y+=20){
g.drawRect(200, y, 80, 20);
}
for (int x=250; x<=330; x+=20){
g.drawRect(x, 90, 20, 40);
}
//atap
brdLine.setStroke(lineAtp);
g.setColor(abu);
g.drawLine(50, 100, 200, 30);
g.drawLine(200, 30, 350, 100);
g.drawString("SAHRUL GUNAWAN",140,310);
}
/**
* This method is called from within the constructor to initialize the
form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is always
* regenerated by the Form Editor.
*/
@SuppressWarnings("unchecked")
// <editor-fold defaultstate="collapsed"
desc="Generated Code">
private void initComponents() {
setDefaultCloseOperation(javax.swing.WindowConstants.EXIT_ON_CLOSE);
setTitle("Minimalist Home");
setBackground(new java.awt.Color(0, 0, 0));
javax.swing.GroupLayout layout = new javax.swing.GroupLayout(getContentPane());
getContentPane().setLayout(layout);
layout.setHorizontalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGap(0, 400, Short.MAX_VALUE)
);
layout.setVerticalGroup(
layout.createParallelGroup(javax.swing.GroupLayout.Alignment.LEADING)
.addGap(0, 300, Short.MAX_VALUE)
);
pack();
}// </editor-fold>
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String args[]) {
/*
* Set the Nimbus look and feel
*/
//<editor-fold defaultstate="collapsed" desc=" Look
and feel setting code (optional) ">
/*
* If Nimbus (introduced in Java SE 6) is not available, stay with the
* default look and feel. For details see
*
http://download.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/lookandfeel/plaf.html
*/
try {
for
(javax.swing.UIManager.LookAndFeelInfo info :
javax.swing.UIManager.getInstalledLookAndFeels()) {
if
("Nimbus".equals(info.getName())) {
javax.swing.UIManager.setLookAndFeel(info.getClassName());
break;
}
}
} catch (ClassNotFoundException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
} catch (InstantiationException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
} catch (IllegalAccessException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
} catch (javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException ex) {
java.util.logging.Logger.getLogger(home.class.getName()).log(java.util.logging.Level.SEVERE,
null, ex);
}
//</editor-fold>
/*
* Create and display the form
*/
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
new home().setVisible(true);
}
});
}
// Variables declaration - do not modify
// End of variables declaration
}
Ijin berbagi ke rekan-rekan yang punya hobi bikin game / grafik programming
BalasHapushttp://heriadyblog.blogspot.com/2015/05/belajar-c-game-programming.html
Bang ee bisa gak minta tolong mintak coding rumah open gl yang polygon nyaa,boleh ndak?? Tolong lah bang please bang
BalasHapusBang ee bisa gak minta tolong mintak coding rumah open gl yang polygon nyaa,boleh ndak?? Tolong lah bang please bang
BalasHapus