Created sahrul-media
ChatBox
Headlines News :
Home » » Grafkom Tentang Animasi Ball Room Java

Grafkom Tentang Animasi Ball Room Java

Written By Gunawan on Rabu, 21 Mei 2014 | 05.07


LAPORAN TUGAS UAS
PEMROGRAMAN JAVA GRAFKOM
TENTANG
(Animasi Ball Room)

Diajukan untuk memenuhi tugas (UAS) praktikum Grafkom











 Disusun Oleh :
Sahrul Gunawan







FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2014





A.  Latar Belakang Grafkom


Grafik Komputer ialah suatu ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar dengan cara digital. Bentuk sederhana nya ada grafik Komputer 2D dan berkembang menjadi grafik komputer 3D.
Pengolahan citra ialah salah satu cabang ilmu informatika, pengolahan citra suatu usaha untuk melakukan transformasi citra atau gambar menjadi citra lain dengan suatu teknik tertentu.

      Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
A.  Manfaat
Contoh Grafik Komputer :
1.    Hiburan , seperti film animasi dengan grafik komputer yang bagus.
2.    Pendidikan, permainan untuk pendidikan mengunakan grafik computer yang menarik di lihat.
3.    karya seni, Hasil dapat berupa kartun, animasi, logo, lukisan abstrak, dsketsa dan lain sebagainya.

B.  Tujuan
1.    Menyelesaikan Ujian Akhir Semester praktikum Grafika Komputer semester 2.
2.    Mahasiswa mampu mengimplementasikan fungsi dari project tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Neatbeans.









C.  Tentang Program
Penulis buat Animasi tentang Ball Room menggunakan aplikasi Java Neatbeans, dalam program ini penulis menggunakan Java Aplication, dan tentang animasinya saya menggunakan Thread yang mana dalam threed ini kegunaannya juga bisa mengatur kecepatan Animasi untuk bergerak.

D.  Source Code Program
package ballroom;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import java.util.*;
import javax.swing.*;

/**
 *
 * @author sahrul-media.blogspot.com
 */
public class BallRoom extends JFrame{

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        new BallRoom();
    }
   
public BallRoom() {
    this.setSize(500, 500); // MEMBUAT WINDOS
    this.setTitle("SAHRUL GUNAWAN");//MEMBERI JUDUL TITLE
    this.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    this.add(new PaintSurface(), BorderLayout.CENTER);
    Thread t = new AnimationThread(this); // MENJALANKAN THREAD TERHADAP VARIABLE
    t.start();
    this.show();
    }

    }

class AnimationThread extends Thread {
    JFrame c;

public AnimationThread(JFrame c){
    this.c = c;
}

public void run(){
    while(true){
    c.repaint();
    try{
    Thread.sleep(30); // FRAME GAMBAR PERDETIK
    }
    catch(InterruptedException ex){
    }
    }

   }
}
class PaintSurface extends JComponent{
    double x_p = 100;
    double y_p = 100;
    int rotation = 0;
    double angle = 0;

public void paint(Graphics g){
    Graphics2D g2 = (Graphics2D)g; // MEMBERI VARIABLE G PADA GRAPHIC KE G2
    g2.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_ANTIALIASING, RenderingHints.VALUE_ANTIALIAS_ON);
    if(rotation == 360) {
    rotation = 0;
}
else {
    rotation += 30; // PERTTAMBAHAN PERCEPATAN ROTASI
    angle -= 0.05;
    x_p = 100*Math.cos(angle)+200; // MEREVOLUSI OBYEK
    y_p = 100*Math.sin(angle)+200;
}

    Shape ball = new Ellipse2D.Float((int)x_p,(int)y_p, 50, 20); // FUNGSI MEMBENTUK ELIPS
    g2.rotate(Math.toRadians(rotation), x_p + 50/2, y_p + 10/2); // METOTASI OBYEK
    g2.setColor(Color.RED); // MEMBERI WARNA OBYEK
    g2.fill(ball); // MENGAMBAR
}
}
Ø Hasil Sesudah di Run.

 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t

English French German Spain Italian Japanese Korean Chinese Simplified

Tweets

FunsPage

 
Support : Creating Website | media-template | sahrul Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MEDIA BELAJAR - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by sahrul-media