LAPORAN TUGAS UAS
PEMROGRAMAN JAVA GRAFKOM
TENTANG
(Animasi Ball Room)
Diajukan untuk memenuhi tugas (UAS) praktikum Grafkom
Disusun Oleh :
Sahrul Gunawan
FAKULTAS
TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS KANJURUHAN
MALANG
2014
A. Latar Belakang Grafkom
Grafik
Komputer ialah suatu ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar dengan cara digital. Bentuk sederhana nya ada grafik Komputer
2D dan berkembang menjadi grafik komputer 3D.
Pengolahan
citra ialah salah satu cabang ilmu informatika, pengolahan citra suatu usaha
untuk melakukan transformasi citra atau gambar menjadi citra lain dengan suatu
teknik tertentu.
Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
A. Manfaat
Contoh
Grafik Komputer :
1.
Hiburan , seperti film animasi dengan
grafik komputer yang bagus.
2.
Pendidikan, permainan untuk pendidikan
mengunakan grafik computer yang menarik di lihat.
3.
karya seni, Hasil dapat berupa kartun,
animasi, logo, lukisan abstrak, dsketsa dan lain sebagainya.
B. Tujuan
1. Menyelesaikan Ujian Akhir Semester praktikum Grafika Komputer semester 2.
2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan fungsi dari project tersebut dengan
menggunakan bahasa pemrograman Java Neatbeans.
C.
Tentang Program
Penulis buat Animasi tentang Ball Room menggunakan aplikasi Java Neatbeans,
dalam program ini penulis menggunakan Java Aplication, dan tentang animasinya
saya menggunakan Thread yang mana dalam threed ini kegunaannya juga bisa
mengatur kecepatan Animasi untuk bergerak.
D.
Source Code Program
package ballroom;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import java.util.*;
import javax.swing.*;
/**
*
*
@author sahrul-media.blogspot.com
*/
public class BallRoom extends JFrame{
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
new BallRoom();
}
public BallRoom() {
this.setSize(500, 500); // MEMBUAT WINDOS
this.setTitle("SAHRUL GUNAWAN");//MEMBERI JUDUL TITLE
this.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
this.add(new PaintSurface(), BorderLayout.CENTER);
Thread t = new AnimationThread(this); // MENJALANKAN THREAD TERHADAP
VARIABLE
t.start();
this.show();
}
}
class AnimationThread extends Thread {
JFrame c;
public AnimationThread(JFrame c){
this.c = c;
}
public void run(){
while(true){
c.repaint();
try{
Thread.sleep(30); // FRAME GAMBAR PERDETIK
}
catch(InterruptedException ex){
}
}
}
}
class PaintSurface extends JComponent{
double x_p = 100;
double y_p = 100;
int rotation = 0;
double angle = 0;
public void paint(Graphics g){
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g; // MEMBERI VARIABLE G PADA GRAPHIC KE G2
g2.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_ANTIALIASING,
RenderingHints.VALUE_ANTIALIAS_ON);
if(rotation == 360) {
rotation = 0;
}
else {
rotation += 30; // PERTTAMBAHAN PERCEPATAN ROTASI
angle -= 0.05;
x_p = 100*Math.cos(angle)+200; // MEREVOLUSI OBYEK
y_p = 100*Math.sin(angle)+200;
}
Shape ball = new Ellipse2D.Float((int)x_p,(int)y_p, 50, 20); // FUNGSI
MEMBENTUK ELIPS
g2.rotate(Math.toRadians(rotation), x_p + 50/2, y_p + 10/2); // METOTASI
OBYEK
g2.setColor(Color.RED); // MEMBERI WARNA OBYEK
g2.fill(ball); // MENGAMBAR
}
}
Ø Hasil Sesudah di Run.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
Kode Smiley Untuk Komentar
:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t